ketiak

Ketiak Bau Dapat Mengarah Pada Kanker Payudara

 Blogs-tutorial.com – bau badan masih menjadi Masalah pada seseorang, ketiak yang bau tentulah sangat mengganggu kenyamanan orang yang bersangkutan dan orang lain yang berada di sekitarnya. Namun ternyata akibat dari permasalahan bau ketiak tidak hanya sesederhana itu saja. Ketiak yang bau juga bisa menjadi pertanda tidak baik yang mengarah pada kemungkinan terdapatnya kanker payudara.

Sebuah studi di Institut Teknologi Tokyo, Jepang mengungkapkan bahwa ketiak seseorang yang bau dapat dijadikan gejala (tanda) untuk memprediksi kemungkinan orang tersebut memiliki kanker pada payudaranya. Para peneliti Jepang mengemukakan bahwa gen kanker payudara dapat menyebabkan gejala seperti bau sangat tidak sedap pada ketiak.

BACA JUGA : Jerawat : Dan 10 Cara Alami Menghilangkan Nya

Para peneliti berharap hasil temuan mereka dapat membantu wanita untuk mengidentifikasi tanda dan gejala kanker payudara lebih dini, sehingga bisa segera ditangani. Bila selama ini kita mengetahui bahwa salah satu tanda-tanda kemungkinan terdapat kanker pada payudara adalah dengan adanya benjolan atau cairan yang keluar dari payudara, maka bau ketiak yang sangat tidak sedap dapat dijadikan satu tanda lagi bagi kemungkinan adanya kanker pada payudara.

Para peneliti melakukan penelitian terhadap aktivitas protein yang dihasilkan dari gen ABCC11, gen yang berhubungan dengan kanker payudara. Ditemukan bahwa gen ABCC11 dan varian protein lainnya dapat menghasilkan bau yang busuk (tidak sedap), kondisi yang sangat basah dan berminyak (lengket) pada ketiak. Hasil studi yang sudah dipublikasikan di Jurnal Biologi Amerika, Federation of the American Societies for Experimental Biology (FASEB) ini diharapkan dapat membantu para wanita dan juga para praktisi kesehatan untuk memperkirakan dan mendeteksi dini adanya kemungkinan kanker payudara. Dengan deteksi yang lebih awal diharapkan kemungkinan si penderita untuk sembuh akan semakin besar lagi.

BACA JUGA : Kulit Putih : Dan Tips Cara Merawat Nya

Tinggalkan Komentar