Manfaat madu bagi tubuh kita didapat berdasarkan kandungan nutrisinya yang beragam . Di samping gula yang membuat nya terasa manis , madu mengandung banyak sekali senyawa aktif , misalnya( vitamin A ) / ( vitamin E )/ ( vitamin C ) / ( retinol ) / ( tocopherol ) / ( vitamin K ) / ( vitamin B kompleks ) / dan ( flavonoid ) / ( asam fenolik ) / ( karotenoid ) . Kandungan tersebut juga terdapat dalam produk lain yang didapatkan lebah , seperti ( bee pollen ) & ( propolis )

Berbagai Manfaat Madu bagi Tubuh Kita Diantaranya :

manfaat madu

1. Rasa manis madu yang berdasarkan seperti gula membuatnya sangat baik buat menaik kan stamina, terutama saat Anda sedang bero-lahraga atau bekerja .

2 . Menangkal radikal bebas

Senyawa fitonutrien & sejumlah vitamin dalam madu adalah antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas berlebih pada tubuh .

Khasiat madu ini sangat berguna buat mencegah kerusakan sel & jaringan tubuh yang ditimbulkan oleh kegiatan oksidasi .

Ada banyak manfaat yang bisa didapat berdasarkan kemampuan madu yang satu ini, di antaranya memperkuat sel imun tubuh, mencegah & meredakan peradangan , mencegah reaksi alergi , serta mencegah diabetes , agresi jantung , hingga kanker .

3 . Meningkat kan imun tubuh

Seperti yg sudah disebutkan sebelumnya, senyawa fitonutrien yang terkandung dalam madu dapat memperkuat sel-sel imun dalam tubuh.

Hal ini tentu-nya akan memperkecil kemungkinan terjadi-nya penyakit infeksi . Ditambah lagi , madu juga diketahui mempunyai khasiat menjadi antibakteri & antijamur .

4 . Meredakan batuk

Rasa madu yang anggun dapat memicu produksi air liur buat melembapkan tenggorokan yang kering sehingga mengurangi rasa gatal di tenggorokan dan batuk .

Selain itu , aneka macam antioksidan pada madu pula berguna buat meredakan peradangan yang mampu memicu batuk.

Khasiat madu sebagai obat batuk sudah dibuktikan oleh para peneliti . Dari penelitian – penelitian tadi disimpulkan bahwa madu bisa sebagai obat batuk alami yg tidak kalah berdasarkan obat batuk medis yang sering kali diresepkan dokter buat orang dewasa dan anak-anak berusia di atas dua tahun .

5 . Mempercepat penyembuhan luka

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa madu sangat efektif pada meningkat kan kecepatan penyembuhan luka. Madu atau produk yang mengandung madu , misalnya beeswax , diketahui dapat membantu menyingkirkan jaringan yang mati , membunuh bakteri yang ada dalam luka , dan merangsang pembentukan kulit baru buat menutup luka .

Jenis-jenis luka yang mungkin bisa disembuhkan oleh manfaat madu merupakan luka bakar , lecet, dan luka diabetes . Tetapi , perlu diingat bahwa madu yang bisa dipakai adalah madu yang terjamin steril .

6 . Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa madu jua merupakan prebiotik , sebagai akibatnya bisa mendukung pertumbuhan bakteri baik pada dalam usus .

Sifat madu ini dapat berguna buat menjaga kesehatan sistem pencernaan .

7 . Menjaga kesehatan jantung

Senyawa fitonutrien pada madu diduga bisa menaikkan kesehatan jantung menggunakan cara melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis .

Beberapa penelitian pula sudah mengambarkan bahwa madu dapat menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol jahat & lemak pada darah .

Apakah Manfaat Madu Bisa buat Semua Orang?

Umumnya, madu tergolong kondusif..  Tetapi , madu belum boleh diberikan kepada bayi atau anak usia di bawah 1 tahun lantaran berisiko mengakibatkan botulisme .

Botulisme merupakan kondisi keracunan yang menyerang saraf tubuh dan berpotensi fatal . Risiko ini jua perlu diwaspadai pada ibu-ibu  hamil yang mempunyai perkara pencernaan atau penyakit yang melemahkan sistem imun tubuh .

Hal lain yang juga perlu anda ingat adalah madu dapat menyebabkan reaksi alergi dalam orang yg jua memiliki alergi terhadap serbuk sari .

Selain itu , ada jenis madu yg penggunaannya harus diwaspadai , yaitu madu rhododendron atau yang dikenal dengan madu gila (mad honey) .

Madu yang spesial dengan cita rasanya yang pahit ini berasal dari ekstraksi nektar bunga rhododendron.

Madu  memang mempunyai kegiatan antiradikal bebas yang tinggi sehingga dipercaya bermanfaat menjadi obat hipertensi , obat diabetes , dan penambah gairah seksual .

Tetapi , madu ini jua mempunyai risiko buat mengakibatkan keracunan yang gejalanya mencakup muntah-muntah , diare, nyeri dada , kelenger, sampai koma .

Manfaat madu buat menaikkan kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi . Meski begitu , konsumsi madu jua tidak boleh berlebihan , mengingat cairan ini tinggi kalori & gula .

Anda jua pula perlu memastikan bahwa madu yg akan dikonsumsi sudah terdaftar di BPOM RI .

Jika Anda ingin memakai madu buat pengobatan penyakit tertentu atau buat menyembuhkan luka , usahakan konsultasi kan terlebih dahulu dengan dokter buat memastikan keamanan dan efektivitas madu pada syarat Anda .