Penyebab Menjadi Pelupa

Penyebab Menjadi Pelupa

Blogs-tutorial.com – Penyebab Menjadi Pelupa , Ada banyak faktor yang menjadi penyebab sifat pelupa. Beberapa penyebab dari sifat pelupa akan di bahas di bawah ini:

Alkohol

Minum terlalu banyak alkohol sehingga membuat Anda sulit fokus mampu menyebabkan Anda kehilangan memori jangka pendek. Jika hal ini diteruskan, maka Anda akan masuk di dlm fase dimana memori Anda menjadi benar-benar kosong & Anda akan lupa.

Penuaan

Penuaan adalah proses yg wajar dlm hidup dimana kulit Anda akan keriput, mata Anda kehilangan ketajamannya, & sel-sel otak menjadi tua. Memori Anda pun tidak sebagus ketika Anda berusia 17 tahun. Itulah sebabnya Anda akan mudah lupa. Namun Anda juga harus mewaspadai apakah sifat mudah lupa tersebut hanyalah lupa atau berakhir dengan demensia.

Kurang tidur

Salah satu penyebab timbulnya sifat pelupa adalah kurang tidur. Sebab jika Anda tidak tidur secara berkualitas dengan waktu 8 jam setiap malam, maka pikiran Anda mudah menjadi kabur & tidak fokus. Hasilnya Anda menjadi mudah bingung. Sehingga selalu pastikan Anda memiliki waktu tidur berkualitas setiap malamnya. Kurang tidur juga mampu menyebabkan munculnya penyakit demensia di masa tua.

Stres & depresi

Depresi yg bermula dari stres tak terkontrol bisa menurunkan memori Anda. Stres akan membuat Anda sulit utk berkonsentrasi sedangkan perilaku depresi yg membuat Anda mudah merenung juga dapat membuat Anda cenderung utk memblokir memori yg telah tersimpan.

Merokok

Merokok jelas-jelas dapat menurunkan fungsi otak Anda. Hal ini terjadi sebab racun di dlm rokok akan masuk ke aliran darah yg mengalir sampe ke otak. Hasilnya, fungsi otak menurun, sulit berkonsentrasi, & mudah lupa.

Pengobatan tertentu

Beberapa jenis pengobatan tertentu mampu mengaburkan kekuatan otak Anda. Hal ini terjadi terutama ketika Anda mengonsumsi obat antidepresan atau obat hormon. Oleh karena itu selalu cari tahu efek samping dari obat yg Anda konsumsi.

Hipotiroid

Hipotiroid adalah keadaan kelenjar tiroid And tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Anda pun akan cenderung utk memiliki fungsi memori yg buruk. Selain itu, gangguan tiroid ini juga mampu menyebabkan gangguan tidur & gangguan emosional.

Kehamilan

Kehamilan bisa membuat kekacauan hormon Anda yg juga mengakibatkan otak Anda kacau. Hal ini disebut dengan istilah pregnant brain fog. Itulah sebabnya orang hamil cenderung lupa akan hal-hal dalam dirinya.

Cara Mengatasi Sifat Pelupa

Untuk mengatasi sifat pelupa, berikut adalah tips yang dapat dilakukan:

Sering Berolahraga

Sebuah tim penelitian dari University of Illinois’ Beckman Institute, baru-baru ini menemukan bahwa latihan aerobik dapat meningkatkan serta mempertajam kecepatan berpikir & volume aktual jaringan otak. Selain itu, berjalan kaki cepat selama 50 menit sebanyak tiga kali dama seminggu dipercaya dapat meningkatkan kualitas otak seseorang.

Pastikan Anda Sarapan

Dengan memakan makanan yg tepat saat sarapan, Anda dapat menjaga sel-sel otak agar tetap sehat. Selain itu, sarapan yg mengandung omega 3, protein, & serat juga mencegah risiko pikun karena usia. Beberapa makanan yg bisa dipilih adalah, yogurt dengan buah-buahan atau sandwich berisi telur.

Tidur Nyenyak & Berkualitas

“Tidur telah diketahui memainkan peran penting dalam konsolidasi kemampuan persepsi,” ujar Pearson. Sebuah penelitian menemukan, orang yg tidak tidur setelah melakukan pelatihan, gagal menunjukkan kemampuannya dalam tugas komputer. Oleh karena itu, tidurlah dengan cukup & berkualitas jika Anda tak ingin menjadi pelupa.

Hindari Mengunyah Permen Karet

Peneliti dari Cardiff University, Inggris mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet sebenarnya dapat merusak memori jangka pendek Anda. Ganti permen karet dengan makan yg dapat meningkatkan memori. Misalnya, buah beri, apel, tofu, bayam & daging merah.

Tinggalkan Komentar