Baterai Smartphone

Tips Menghemat Baterai Smartphone Android

Blogs-tutorial.com – Baterai Smartphone , Sudah menjadi rahasia umum, bahwa salah satu kelemahan smartphone berbasis Android adalah borosnya konsumsi daya baterai. Sebagai sumber energi, baterai ibarat jantung dari setiap perangkat mobile.

Jika kapasitasnya lemah dan umurnya pendek, maka sehebat apapun sistem operasinya, selengkap apapun fiturnya dan secanggih apapun teknologinya, semua menjadi sia-sia dan tidak dapat difungsikan.

Berbagai fitur yang disematkan pada gadget Android terbaru membuat konsumsi daya semakin tinggi. Oleh karenanya hingga kini berbagai riset dan penelitian masih terus dilakukan guna menciptakan baterai yang lebih kuat sekaligus juga menciptakan smartphone Android dengan fitur lengkap dan tidak boros energi.

Sambil menantikan tibanya teknologi baterai yang lebih kuat dan hemat, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda praktekkan dalam rangka mengurangi konsumsi daya baterai yang sekaligus juga akan membuat usia baterai smartphone Android Anda lebih panjang :

Batasilah penggunaan fitur Brightness pada layar Anda. Semakin tinggi Screen Brightness maka akan semakin besar pula konsumsi daya baterai begitu juga sebaliknya.

Matikan fungsi GPS. Aktifkan hanya saat Anda benar-benar memerlukannya.

Matikan fungsi Bluetooth dan WiFi. Konsumsi daya baterai cukup tinggi jika fitur ini selalu dalam keadaan aktif. Sebaiknya aktifkan hanya saat Anda butuh.

Jangan menggunakan wallpaper atau screen saver dinamis yang berbentuk animasi, karena akan membutuhkan kerja memori dan mengkonsumsi daya lebih besar.

Ini yang paling sulit mungkin diantara yang lain : Matikanlah auto-sync situs jejaring sosial dan email. Koneksikan smartphone dengan internet secara berkala saja. Konektivitas dengan internet akan menggunakan daya baterai yang cukup besar, apalagi jika dilakukan secara terus menerus.Install aplikasi penghemat daya baterai yang dapat Anda temukan dan unduh secara gratis di Android Market.

Yang terakhir tapi tak kalah penting, lakukan re-charge baterai dengan benar, yaitu isilah sebelum benar-benar kosong dan segera cabut setelah penuh.

Mudah bukan? Semoga bermanfaat…

Tinggalkan Komentar